Tahukah Anda Apa Itu Pohon Bidara

Apa Itu Pohon Bidara?. Bidara adalah sejenis pohon yang dapat menghasilkan buah yang biasanya tumbuh ditempat kering. Bidara adalah sebutan bagi tanaman ini dalam bahasa Indonesia. Selain buahnya dapat dikonsumsi, daun bidara ternyata memiliki banyak sekali manfaat. 

Pohon bidara bisa tumbuh hingga mencapai tinggi 15 meter dengan ranting dan cabang yang sangat banyak dan berduri. Daun bidara berbentuk oval dengan permukaan yang halus. 


Orang-orang tidak tahu menganggap bahwa bidara ini hanyalah semak belukar biasa. Oleh karena itu pohon bidara banyak sekali dibabat habis bahkan pohon yang tinggi pun ditebang. Padahal pohon bidara memiliki banyak manfaat dalam menjaga kesehatan tubuh kita. 

Namun karena pohon bidara ini mudah sekali tumbuh, biasanya dari bekas-bekas penebangan tadi akan muncul tunas-tunas baru yang muncul. Selain itu juga tumbuh dari biji yang berasal dari buah bidara yang berguguran. 

Pohon Bidara Dalam Qur’an 


Pohon dan Daun Bidara disebutkan dalam ayat Al-qur’an dan hadits Nabi Muhammad SAW, ini menandakan bahwa bidara ini memiliki kegunaan yang spesial bagi umat muslim. 

Tanaman ini memliki manfaat yang sangat banyak selain untuk kesehatan, tanaman ini juga bermanfaat untuk menghilangkan penyakit dari gangguan sihir dan gangguan jin serta ilmu hitam lainnya. 

Berikut salah satu ayat yang menyebutkan Pohon Bidara : 

وَأَصْحَابُ الْيَمِينِ مَا أَصْحَابُ الْيَمِينِ. فِي سِدْرٍ مَخْضُودٍ 

Artinya: Dan golongan kanan, alangkah bahagianya golongan kanan itu. Berada diantara pohon bidara yang tidak berduri. (Q.S. Al Waqiah: 27-28) 

Secara singkat, golongan kanan adalah golongan yang akan masuk surga. Kemudian nantinya didalam surga mereka para golongan kanan berada di antara pohon bidara yang tidak berduri. Para ulama tafsir menjelaskan bahwa pohon bidara tersebut adalah pohon bidara yang telah dipotong durinya 

Daun Bidara Dalam Hadits 


Hadits dari Qois bin ‘Ashim radhiyallahu ‘anhu 

أَنَّهُ أَسْلَمَ فَأَمَرَهُ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنْ يَغْتَسِلَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ 

“Sesungguhnya beliau masuk Islam, kemudian Nabi shallallahu‘alaihiwasallam memerintahkannya untuk mandi dengan air dan daun bidara.” (HR. An Nasai no. 188, At Tirmidzi no. 605, Ahmad 5/61. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shahih). 

Hadits yang lain menjelaskan tentang perintah Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam kepada Ummu ‘Athiyah dan kepada para wanita yang melayat untuk memandikan anaknya. 

اغْسِلْنَهَا ثَلاَثًا أَوْ خَمْسًا أَوْ أَكْثَرَ مَنْ ذَلِكَ إِنْ رَأَيْتُنَّ ذَلِكَ بِمَاءٍ وَسِدْرٍ 

“Mandikanlah dengan mengguyurkan air yang dicampur dengan daun bidara tiga kali, lima kali atau lebih dari itu jika kalian anggap perlu dan jadikanlah yang terakhirnya dengan kapur barus (wewangian).” (HR. Bukhari no. 1253 dan Muslim no. 939). 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tahukah Anda Apa Itu Pohon Bidara"

Posting Komentar